Beranda > Computer, Install, Installation, Koneksi, LAN, Laptop, Modem, Router, Rumah, Setup, Speedy, WAN, Wireless > Berbagi Pengalaman Dalam Mendaftar dan Mengaktifkan Speedy Broadband Telkom

Berbagi Pengalaman Dalam Mendaftar dan Mengaktifkan Speedy Broadband Telkom


Disini saya mencoba membagi pengalaman saya dalam mendaftar dan mengaktifkan koneksi internet melalui Speedy broadband.

Mendaftar Speedy yang saya lakukan adalah dengan menelpon 147 dan pilih bagian Speedy. Telpon selalu berhasil masuk dan diterima dengan cepat oleh CSnya. Disini saya cukup surprise dan terus terang menambah minat saya untuk mendaftar. CS menjelaskan bahwa pendaftaran bisa melalui telpon dan saya langsung menyetujuinya. Data yang diminta standar, seperti nama, alamat dan telpon yang bisa dihubungi. Kemudian CS menjelaskan bahwa paling lambat 3 hari Speedy sales akan datang ke rumah. Untuk pendaftaran langkah pertama beres.

Pada hari ke-3 ternyata sales belum datang juga. Setelah menanyakan kembali ke 147 akhirnya di hari ke 5 petugas speedy datang kerumah dan meninggalkan form yang harus saya isi. Sebaiknya memang harus ada orang di rumah untuk menerima form tersebut. Sepulang dari kantor saya lengkapi form pendaftaran standard (dilengkapi 1 materai Rp. 6,000) dan fotocopy KTP. Sebelumnya sudah di informasikan bahwa biaya pendaftaran sebesar Rp. 82.500 (Biaya Pendaftaran Rp. 75,000 + PPN) bisa dititipkan kepada petugas speedy. Esok harinya petugas tersebut datang dan sorenya sudah kembali untuk menyerahkan bukti pembayaran beserta password speedy.

Kembali dari kantor saya sudah tidak sabar untuk mencoba. DSL Modem Siemens SpeedStream yang baru dibeli langsung disambungkan dengan kabel telpon yang terlebih dahulu dipasang splitter (sudah termasuk dalam paket Siemens). Waktu membuka password saya tidak menemukan id apapun. Untungnya didalam manual modem ada keterangan untuk pengguna Speedy cukup menggunakan nomor fastel ditambah @telkom.net. Disini saya melihat kekurangan informasi dari speedy untuk prosedur pengaktifan koneksi baru. Untung saya membeli modem yang manualnya cukup detil.

Setelah masuk kedalam setingan modem di komputer, ada beberapa setingan yang cukup membuat bingung. Setelah membaca beberapa referensi saya baru tahu bahwa saya memilih model koneksi PPPoE untuk koneksi ADSL yang memiliki password dan user id. Tetapi ternyata ada 2 koneksi di setingan modem yaitu PPPoE 8/81 PPPoE 0/35. Bagaimana saya bisa tahu mana yang di setting? Akhirnya saya coba masukan user id dan password saya dikedua pilihan tersebut tetapi dua2nya tetap tidak berhasil connect.

Saya coba telpon ke 147 dan jawabannya memang tidak bisa langsung aktif, harus menunggu paling tidak 7 hari kerja untuk pengaktifan user baru. Tetapi CS berusaha mengajukan pesan ke support untuk diaktifkan lebih cepat.

Setelah 7 hari telpon 147 terus, akhirnya datang juga technical support speedy yang cuma mengatakan bahwa setingan modem saya sudah benar tetapi kebetulan user id dan password saya belum ke update di server back end. Wah… apes deh.

Lewat 2 hari lagi, speedy telpon saya dan mengatakan user id sudah beres dan bisa ditest… dan seperti sudah diduga belum bisa juga. Akhirnya dengan putus asa saya telpon suppor Siemens (modem broadband) dan dibantu dengan sabar untuk me-reset modem dan mengecek sambungan. Akhirnya… koneksi internet jalan juga…

Ternyata butuh waktu dan kesabaran untuk mengaktifkan speedy. Untung ada bantuan support dari Siemens (tanpa ada maksud iklan atau apapun).

Sekarang saya sedang berusaha untuk membuat koneksi internetnya dapat diakses secara wireless dengan Wireless Router WL-500W yang saya baru beli (Draft N). Mudah2an tidak perlu berjuang lagi… tetapi perjuangan pasti ada hikmahnya… paling tidak kita bisa belajar dan dapat pengetahuan yang tidak bisa didapat dari buku dan lainnya.

Nanti akan saya posting lagi mengenai proses setting wireless tersebut.

  1. Agustus 12, 2008 pukul 6:26 pm

    (newbie here) boleh tanya:
    saya ada rencana buat pasang koneksi internet wireless,
    1. perlengkapan apa aja yg hrs disiapkan?
    2. kalo tidak punya telpon rumah gmna ya? apa msh bisa?
    3. atau ada solusi lainnya?

    thanks..

  2. Donnie
    November 18, 2008 pukul 2:14 am

    Thanxs buat sharing-nya. Saya sendiri juga mao pasang Speedy nih skrng. Smoga tidak sesulit dan senjlimet seperti yg kmu hadapi

  3. September 27, 2009 pukul 7:24 am

    thanks atas infonya

  4. erickwblog
    Oktober 15, 2009 pukul 2:40 pm

    Sama2 mudah2an bermanfaat

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: